Ukhuwah Anak Kuliah:
๐๐โ๐ป NGAJI KITAB TAUHID (BAG.16)
๐ Serial: Pembahasan Kitab Tauhid || Bab Barang siapa yang Merealisasikan Tauhid, Maka Akan Masuk Surga Tanpa Hisab
๐ Oleh: al-Ustadz Hari Ahadi ุญูุธู ุงููู
____
MERAIH TAUHID YANG SEMPURNA
ุนููู ุญูุตููููู ุจููู ุนูุจูุฏู ุงูุฑููุญูู ููู ููุงูู ููููุชู ุนูููุฏู ุณูุนููุฏู ุจููู ุฌูุจูููุฑู ููููุงูู ุฃููููููู ู ุฑูุฃูู ุงููููููููุจู ุงูููุฐูู ุงููููุถูู ุงููุจูุงุฑูุญูุฉูุ ููููุชู: ุฃูููุง ุซูู ูู ููููุชู ุฃูู ูุง ุฅููููู ููู ู ุฃููููู ููู ุตูููุงุฉู ูููููููููู ููุฏูุบูุชู. ููุงูู: ููู ูุง ุตูููุนูุชูุ ููููุชู: ุงุฑูุชูููููุชู. ููุงูู: ููู ูุง ุญูู ููููู ุนูููู ุฐููููู. ููููุชู: ุญูุฏููุซู ุญูุฏููุซูููุงูู ุงูุดููุนูุจูููู. ููููุงูู ููู ูุง ุญูุฏููุซูููู ูุ ููููุชู: ุญูุฏููุซูููุง ุนููู ุจูุฑูููุฏูุฉู ุจููู ุงููุญูุตูููุจู ุงููุฃูุณูููู ูููู ุฃูููููู ููุงูู: ููุง ุฑูููููุฉู ุฅููููุง ู ููู ุนููููู ุฃููู ุญูู ูุฉู.
ููููุงูู: ููุฏู ุฃูุญูุณููู ู ููู ุงููุชูููู ุฅูููู ู ูุง ุณูู ูุนู ูููููููู ุญูุฏููุซูููุง ุงุจููู ุนูุจููุงุณู ุนููู ุงููููุจูููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ููุงูู: ุนูุฑูุถูุชู ุนูููููู ุงููุฃูู ูู ู ููุฑูุฃูููุชู ุงููููุจูููู ููู ูุนููู ุงูุฑููููุทูุ ููุงููููุจูููู ููู ูุนููู ุงูุฑููุฌููู ููุงูุฑููุฌูููุงููุ ููุงููููุจูููู ููููููุณู ู ูุนููู ุฃูุญูุฏูุ ุฅูุฐู ุฑูููุนู ููู ุณูููุงุฏู ุนูุธููู ู ููุธูููููุชู ุฃููููููู ู ุฃูู ููุชูู ููููููู ููู ููุฐูุง ู ููุณูู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ููููููู ููู. ููููุธูุฑูุชู ููุฅูุฐูุง ุณูููุงุฏู ุนูุธููู ูุ ููููููู ููู: ููุฐููู ุฃูู ููุชููู ููู ูุนูููู ู ุณูุจูุนูููู ุฃูููููุง ููุฏูุฎูููููู ุงููุฌููููุฉู ุจูุบูููุฑู ุญูุณูุงุจู ููููุง ุนูุฐูุงุจู.
ุซูู ูู ููููุถู ููุฏูุฎููู ู ูููุฒููููู ููุฎูุงุถู ุงููููุงุณู ููู ุฃููููุฆููู. ููููุงูู ุจูุนูุถูููู ู: ููููุนููููููู ู ุงูููุฐูููู ุตูุญูุจููุง ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ูุ ููููุงูู ุจูุนูุถูููู ู: ููููุนููููููู ู ุงูููุฐูููู ููููุฏููุง ููู ุงููุฅูุณูููุงู ู ููููู ู ููุดูุฑููููุง ุจูุงูููููู ููุฐูููุฑููุง ุฃูุดูููุงุกู. ููุฎูุฑูุฌู ุนูููููููู ู ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ููุฃูุฎูุจูุฑูููู
ููููุงูู: ููู ู ุงูููุฐูููู ููุง ููุณูุชูุฑูููููู ููููุง ููููุชูููููู ููููุง ููุชูุทููููุฑูููู ููุนูููู ุฑูุจููููู ู ููุชููููููููููู. ููููุงู ู ุนููููุงุดูุฉู ุจููู ู ูุญูุตููู ููููุงูู ุงุฏูุนู ุงูููููู ุฃููู ููุฌูุนูููููู ู ูููููู ู. ููููุงูู: ุฃูููุชู ู ูููููู ู. ุซูู ูู ููุงู ู ุฑูุฌููู ุขุฎูุฑู ููููุงูู ุงุฏูุนู ุงูููููู ุฃููู ููุฌูุนูููููู ู ูููููู ู ููููุงูู ุณูุจููููู ุจูููุง ุนููููุงุดูุฉู
Dari Hushain bin Abdirrahman, ia berkata, “Saat aku bersama Said bin Jubair, beliau berkata, ‘Siapa di antara kalian yang tadi malam melihat bintang jatuh?โ Aku menjawab, โAku, namun aku tidak sedang shalat, sebab aku disengat (binatang).’
Sa’id berkata, โLantas apa yang engkau lakukan?โ Aku menjawab, โAku meminta untuk dirukiah.’ Sa’id bertanya, ‘Apa yang membuatmu melakukan hal itu?โ Aku menjawab, โSatu hadits yang disampaikan oleh asy-Sya’bi.’
Sa’id bertanya, ‘Hadits apa yang disampaikan oleh asy-Sya’bi?’ Aku menjawab, โDia telah menceritakan kepada kami dari Buraidah bin Hushaib, bahwa beliau berkata, โTidak ada rukiah kecuali disebabkan oleh penyakit ain dan sengatan.’
Sa’id lalu berkata, ‘Sungguh baik orang yang melakukan sesuai dengan ilmu yang telah ia dengar, akan tetapi Ibnu Abbas telah menceritakan kepada kami dari Nabi ๏ทบ, bahwa beliau bersabda,
‘Umat-umat telah diperlihatkan kepadaku. Maka aku melihat seorang nabi bersama beberapa orang, ada lagi nabi yang diikuti satu atau dua orang, dan ada pula nabi yang tidak diikuti seorang pun. Tiba-tiba ditunjukkan kepadaku kelompok besar manusia, aku menyangka mereka adalah umatku. Namun dijelaskan, โIni adalah Musa dan kaumnya.’ Lalu ada sekelompok manusia dengan jumlah besar lagi. Dan disampaikan kepadaku, โIni adalah umatmu. Di antara mereka ada tujuh puluh ribu orang yang masuk surga tanpa hisab dan siksa.’
Kemudian Rasulullah ๏ทบ beranjak dan masuk ke rumahnya. Para sahabat membicarakan siapa yang masuk surga tanpa hisab dan tanpa siksa itu. Sebagian berkata, ‘Barangkali mereka adalah orang-orang yang selalu menyertai Rasulullah ๏ทบ’, sebagian lagi berkata, ‘Mungkin mereka adalah orang-orang yang dilahirkan dalam Islam dan tidak pernah menyekutukan Allah’. Dan mereka saling mengemukakan pendapat masing-masing.
Ketika Rasulullah ๏ทบ keluar, mereka memberitahu beliau apa yang sedang mereka perbincangkan, lalu Rasulullah ๏ทบ bersabda,
‘Mereka adalah orang-orang yang tidak meminta untuk dirukiah, tidak meminta diobati dengan cara kay, tidak bertathayyur ‘menganggap sial sehabis melihat atau mendengar hal tertentu’, dan hanya kepada Rabb mereka bertawakal.’
Ukkasyah bin Mihshan berdiri dan berkata, โMohonkanlah kepada Allah agar menjadikan saya termasuk di antara mereka.โ Rasulullah ๏ทบ bersabda, ‘Engkau termasuk di antara mereka.’ Kemudian yang lain berdiri dan berkata, โMohonkanlah kepada Allah agar menjadikanku bagian dari mereka.โ Beliau bersabda, ‘Kamu telah didahului Ukkasyah.'”
๐ H.R. Al-Bukhari (5752) dan Muslim (220)
Hadits ini menjelaskan tentang sifat-sifat orang beriman yang masuk surga langsung, tanpa hisab dan adzab. Mereka adalah, “orang-orang yang tidak meminta untuk dirukiyah, tidak meminta diobati dengan cara kay, tidak bertathayyur ‘menganggap sial sehabis melihat atau mendengar hal tertentu’, dan hanya kepada Rabb mereka bertawakal.”
Berikut ini rangkuman dari penjelasan para ulama terhadap empat sifat di atas:
โข Tidak meminta dirukiah
Rukiah ialah hal yang disyariatkan dan merupakan salah satu upaya meraih kesembuhan. Namun ketika rukiah itu diminta, maka ini dapat mengurangi nilai tawakal seseorang kepada Allah.
Lantaran ketergantungan hati seseorang bisa sangat kuat kepada orang yang merukiah dalam upaya meraih kesembuhan. Hal seperti ini mengurangi kesempurnaan tawakal kepada Allah.
Adapun orang yang sempurna tauhidnya, dia tidak melakukan sesuatu yang dapat mengurangi tawakalnya kepada Allah. Seseorang bisa merukiah dirinya sendiri dengan ayat dan doa-doa yang diajarkan oleh Rasulullah ๏ทบ, dengan bersandar sepenuhnya kepada Allah subhanahu wa ta’ala.
โข Tidak meminta di-kay
Kay ialah pengobatan dengan menempelkan besi panas pada bagian yang terluka. Metode seperti ini sangat dikenal di kalangan bangsa Arab, bahkan mereka meyakini bahwa mengobati penyakit tertentu dengan metode kay pasti akan sembuh. Karenanya, saat melakukan kay, hati mereka terpaut kuat dengannya. Sehingga hal ini juga mengurangi nilai kesempurnaan tawakal kepada Allah. Berbeda dengan orang yang sempurna dalam merealisasikan tauhidnya, mereka tidak mau meminta di-kay juga untuk menjaga kesempurnaan tawakal kepada Allah.
โข Tidak bertathayyur
Tathayyur ialah anggapan akan terkena sial sehabis melihat, mendengar, atau merasakan hal tertentu, hingga akhirnya dia membatalkan rencananya. Ini terjadi pada orang yang memiliki tawakal yang kecil kepada Allah. Dan hukum tathayyur ialah syirik. Akan ada bab tersendiri yang membahas tentangnya.
โข Bertawakal penuh kepada Allah
Sifat tawakal yang sempurna inilah yang membuat mereka tidak meminta dirukiah dan di-kay, serta tidak bertathayyur. Sehingga orang yang sempurna dalam merealisasikan tauhid ialah mereka yang sempurna dalam bertawakal.
Sebab-sebab untuk meraih keberhasilan tetap dia tempuh, namun tentang hasilnya, dia bertawakal kepada Allah. Dalam artian hatinya yakin dan percaya penuh terhadap Allah, bahwa Dia pasti akan mencukupi.
Bahan bacaan:
At-Tamhid li Syarh Kitab at-Tauhid, hlm. 46-48
Bulugh al-Ma’mul, hlm. 145
๐ฎBoleh Join & Share :
http://t.me/ukhuwah_anak_kuliah
http://simpellink.com/medsosuak
๐ฐ UKHUWAH ANAK KULIAH ๐ฐ
โขโข โโโโโโโโ โโฟโโโโโโโโโ โขโข