Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin rahmatullah ta’ala berkata, “Lalu apa perbedaan antara kelompok Asy’ariyah dengan Mu’tazilah (dalam masalah kalฤmullah ini)?
Perbedaannya, kelompok Mu’tazilah mengatakan bahwa “Kita tidak menyandarkan kalam kepada Allah itu secara sifatnya, tapi kita sandarkan kalam kepada Allah itu secara perbuatan dan penciptaan”.
Adapun kelompok Asy’ariyah mengatakan bahwa “Kita menyandarkan kalam kepada Allah itu sifat-Nya bukan berarti kalam tersebut adalah sesuatu yang bisa didengar dan berupa huruf-huruf, tetapi kalam tersebut adalah sesuatu yang ada pada diri Allah (dalam batinnya) dan apa yang terdengar dan tertulis maka itu adalah makhluk”.
Atas dasar ini kelompok Asy’ariyah dan Mu’tazilah mereka sepakat bahwa kalฤmullah yang terdengar dan tertulis adalah makhluk.
Sehingga Asy’ariyah dan Mu’tazilah mereka mengatakan: “Al-Qur’an adalah makhluk”.
Akan tetapi, kaum Mu’tazilah mengatakan bahwa “Kalamullah itu hakiki (yang Allah ciptakan di udara, penyandarannya kepada Allah sebagai pemuliaan bukan sifat ,pent) sebagaimana langit-langit itu ciptaannya secara hakiki”.
Adapun kelompok Asy’ariyah mengatakan bahwa “Al-Qur’an bukanlah kalamullah secara hakiki, tetapi itu adalah ibarat/ungkapan/sebutan untuk ucapan Allah”.
Sehingga Asy’ariyah dari sisi ini lebih jauh dari kebenaran daripada Mu’tazilah dan kedua kelompok tersebut dzalim.”
๐ Sumber: Kitab Syarh Aqidah Ahlus Sunnah Wal Jama’ah Maktabah Darul Ibnul Jauzi Kairo: 68-69
ูุงู ุงูุดูุฎ ู ุญู ุฏ ุจู ุตุงูุญ ุงูุนุซูู ูู ุฑุญู ู ุงููู ุชุนุงูู :
“ูู ุง ุงููุฑู ุฅุฐุง ุจูู ุงูู ุนุชุฒูุฉ ูุงูุฃุดุนุฑูุฉ ุ!
ุงููุฑู ุฃู ุงูู
ุนุชุฒูุฉ ูููููู :
“ูุง ููุณุจ ุงูููุงู
ุฅููู ูุตูุง ุจู ูุนูุง ูุฎููุง”
ูุงูุฃุดุงุนุฑุฉ ูููููู :
“ููุณุจ ุงูููุงู
ุฅููู ูุตูุง ูุง ุจุงุนุชุจุงุฑ ุฃูู ู
ุณู
ูุน ุ ูุฃูู ุจุงูุญุฑูู ุ ุจู ุจุงุนุชุจุงุฑ ุฃูู ุดูุก ูุงุฆู
ุจููุณู ูู
ุง ุจุณู
ุน ุฃู ููุชุจ ููู ู
ุฎููู”
ูุนูู ูุฐุง ูุชูู ุงูุฃุดุงุนุฑุฉ ูุงูู ุนุชุฒูุฉ ูู ุฃู ู ุง ูุณู ุน ุฃู ููุชุจ ู ุฎููู
ูุงูุฃุดุงุนุฑุฉ ูููููู : ุงููุฑุขู ู ุฎููู ุงูู ุนุชุฒูุฉ ูููููู : ุงููุฑุขู ู ุฎููู
ููู ุงูู
ุนุชุฒูุฉ ูููููู :
“ุฃู ููุงู
ู ุญูููุฉ ูู
ุง ุฃู ุงูุณู
ุงูุงุช ุฎููู ุญูููุฉ”.
ููุงูุช ุงูุฃุดุงุนุฑุฉ :
“ููุณ ูู ููุงู
ุงููู ุญูููุฉ ุ ุจู ูู ุนุจุงุฑุฉ ุนู ููุงู
ุงููู ”
ูุตุงุฑ ุงูุฃุดุงุนุฑุฉ ู ู ูุฐุง ุงููุฌู ุฃุจุนุฏ ุนู ุงูุญู ู ู ุงูู ุนุชุฒูุฉ ูููุชุง ุงูุทุงุฆูููู ุธุงูู .
๐ (ุดุฑุญ ุนููุฏุฉ ุฃูู ุงูุณูุฉ ูุงูุฌู ุงุนุฉ ู ูุชุจุฉ ุฏุงุฑ ุงุจู ุงูุฌูุฒู ุงููุงูุฑุฉ : ูฆูจ-ูฆูฉ)
๐ด๐ด๐ด๐ด๐ด๐ด๐ด๐ด๐ด๐ด๐ด
๐ WhatsApp Salafy Cirebon
โฏ๏ธ Channel Telegram || https://t.me/salafy_cirebon
๐ฅ Website Salafy Cirebon :
www.salafycirebon.com
๐ณ Menyajikan artikel faedah ilmiah