Problematika Umat
Problematika Umat oleh Abu Ismail Rijal

rajaban, peringatan isro’ mi’raj

5 tahun yang lalu
baca 2 menit
Rajaban, Peringatan Isro’ Mi’raj

Rajaban, Peringatan Isro’ Mi’raj

Pertanyaan:

Dibulan Rajab ini di lingkungan kami marak acara Rajaban. Memperingati Isra Mi’raj Nabi Muhammad shollallohu’alaihi wasallam. Pertanyaannya, bagaimana tata cara Rajaban yang dilakukan Rosululloh shollallohu’alaihi wasallam. Terima kasih.

Jawab:

Tidak diragukan bahwa Isra’ Mi’raj adalah sebuah kejadian yang mengagumkan. Isro’ Mi’raj adalah salah satu mukjizat Rosululloh shollallohu’alaihi wasallam.

Kejadian ini menunjukkan kekuasaan Alloh Ta’ala, beliau memperjalankan Hamba-Nya dalam perjalanan isra mi’raj. Alloh berfirman:

سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ

Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat. (QS. Al Isra : 1)

HUKUM MERAYAKAN ISRO’ MI’RAJ

Merayakan Isra Mi’raj tidak pernah diajarkan oleh Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wasallam, sehingga amaliah ini termasuk kebid’ahan, muhdatsaatil umuur, perkara-perkara yang diada-adakan dalam agama.

Rajaban juga tidak dilakukan oleh Al Khulafaur Rasyidin di masa kekhilafahan mereka; Abu Bakr Ash Shiddiq, Umar bin Al Khattab, Utsman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib.

Para sahahabat sepeninggal Khulafaur Rasyidin pun tidak merayakannya. Demikian pula para tabiin dan tabiut tabiin.

Semua ini menunjukkan bahwa perayaan Isro’ Mi’raj tidak ada landasannya dalam agama.

KAPAN TERJADINYA ISRO’ MI’RAJ ?

Para ulama berbeda pendapat tentang kapan terjadinya Isro’ Mi’raj.

Ada diantara para ulama yang berpendapat bahwa Mukjizat ini terjadi setahun sebelum hijroh, ada yang berpendapat enam bulan (setengah tahun) sebelum hijroh, atau delapan bulan sebelum hijroh dan masih ada pendapat yang lain.

Walhasil, tidak ada kesepakatan tentang kapan terjadinya secara pasti Isra Mi’raj Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wasallam.

Nabi tidak menjelaskan kapan kejadian itu secara pasti, apakah pada tanggal 27 Rajab atau tanggal sekian bulan sekian.

Hal ini semakin memperkuat bahwa perayaan Isra Mi’raj bukan perkara yang disyariatkan. Apabila perayaan itu memang disyariatkan niscaya Alloh dan Rosul-Nya akan menyebutkan secara pasti tanggal terjadinya Isro’ Mi’raj sebagaimana ditetapkannya wukuf di Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah. Allohul a’lam.

Oleh:
Abu Ismail Rijal