Fatwa Ulama
Fatwa Ulama oleh al-Lajnah ad-Daimah Lil Buhuts al-'Ilmiah wal Ifta'

jika seorang anak menyusu kepada wanita yang memiliki anak berusia lebih dari dua tahun, apakah penyusuan wanita itu menjadikannya mahram?

2 tahun yang lalu
baca 2 menit
Jika Seorang Anak Menyusu Kepada Wanita Yang Memiliki Anak Berusia Lebih Dari Dua Tahun, Apakah Penyusuan Wanita Itu Menjadikannya Mahram?

Pertanyaan

Apa hukumnya jika seorang anak kecil menyusu kepada wanita yang memiliki anak berusia lebih dari dua tahun? Apakah benar jika anak dari wanita tersebut usianya lebih dari dua tahun, maka susu wanita tadi tidak menjadikan mahram (bagi bayi orang lain yang disusuinya)?

Jawaban

Penyusuan yang menjadikan mahram adalah lima kali atau lebih, sebelum bayi berusia dua tahun. Jika seorang wanita melakukan penyusuan kepada seorang bayi, maka status bayi tersebut adalah anak susuannya.

Dia menjadi saudara sesusuan bagi anak-anak wanita tersebut, walaupun anak dari wanita tersebut yang masih menyusu sudah berusia lebih dari dua tahun. Sebab, yang dijadikan acuan adalah umur bayi (anak orang lain) yang disusui, bukan usia anak (kandung) dari perempuan yang menyusui. Allah Ta’ala berfirman,

حُرِّمَتْ عَلَيْكُمْ أُمَّهَاتُكُمْ وَبَنَاتُكُمْ

“Diharamkan bagimu (mengawini) ibu-ibumu; anak-anakmu yang perempuan.” (QS. An-Nisaa’: 23)

Sampai dengan firman-Nya,

وَأَخَوَاتُكُمْ مِنَ الرَّضَاعَةِ

“Saudara perempuan sepersusuan.” (QS. An-Nisaa’: 23)

Allah juga berfirman,

وَالْوَالِدَاتُ يُرْضِعْنَ أَوْلادَهُنَّ حَوْلَيْنِ كَامِلَيْنِ

“Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh.” (QS. AL-Baqarah: 233)

Ada riwayat yang menyebutkan bahwa Nabi Shallallahu `Alaihi wa Sallam bersabda,

الرضاعة تحرم ما تحرم الولادة

“Penyusuan dapat mengharamkan (menjadikan mahram), sama seperti mahramnya orang-orang karena kelahiran (keturunan langsung).”

Ada pula hadis riwayat Aisyah radhiyallahu `anha. Dia berkata, “Di antara wahyu yang dulu diturunkan dalam Alquran bahwa sepuluh kali susuan yang telah diketahui (caranya) itu menjadikan mahram.

Namun kemudian wahyu itu di-naskh (dihapus hukumnya) dengan ayat, ‘lima kali susuan yang diketahui’. Kemudian Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam meninggal dan aturan itu masih berlaku.”

Perlu diketahui bahwa yang dimaksud dengan proses penyusuan itu adalah, seorang anak kecil menyentuh puting payudara kemudian dia mengisap susunya. Jika dia melepaskannya lalu kembali mengisap susu, maka dihitung sebagai yang kedua. Begitu seterusnya.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.