ZIARAH KUBUR, ANTARA TAUHID DAN SYIRIK
Al Ustadz Abdurrahman Mubarok Hafizhohulloh
Diantara sunnah Rasulullah Sholallohu 'Alaihi Wasallam adalah ziarah kubur.
Rosululloh Sholallohu 'Alaihi Wasallam bersabda :
إني كنت نهيتكم عن زيارة القبور فزوروها فإنها تذكركم الآخرة
Dulu aku melarang kalian berziarah kubur, sekarang berziarahlah hingga kalian ke kuburan karena itu mengingatkan kalian kepada akhirat.
(HR.Muslim dari Buraidah bin Hushaib Rodhiallohu'anhu)
Dalam riwayat Abu Dawud :
ولتزدكم زيارتها خيرا
Ziarah kubur akan menambah kebaikan bagi kalian.
Ziarah kubur adalah satu ibadah yang harus di lakukan dengan ikhlas dan seseuai dengan tuntunan Rasulullah Sholallohu' Alaihi Wasallam supaya diterima oleh Allah ta'ala, Oleh karena itu seseorang yang ingin menjaga agamanya, hendaknya mempelajari agamanya termasuk dalam masalah Ziarah kubur, karena sekarang ini banyak orang yang terjatuh dalam penyimpangan ketika melaksanakan ziarah kubur.
Tujuan Ziarah kubur:
Tujuan ziarah kubur ada dua hal:
1.Orang yang berziarah mendapatkan manfaat dengan mengingat mati dan orang yang telah mati.
Dia akan mengingat bahwa tempat kembalinya bisa surga atau neraka.ini adalah tujuan utama ziarah kubur.
2.Berbuat baik kepada orang yang telah meninggal dengan mendoakan dan memintakan ampun untuk mereka.
Manfaat ini hanya di dapat ketika ziarah kekuburan muslim.
(ahkamul janaiz hlm 239)
Asy Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab Rohimahulloh berkata ketahuilah semoga Allah memberikan taufiq kepada saya dan anda semua bahwa ziarah kubur ada tiga macam:
1.Ziarah yang syar'i.
inilah yang di syariatkan dalam islam.
Ada tiga syarat yang harus dipenuhi agar ziarah menjadi syar'i:
A.tidak melakukan safar dalam rangka ziarah.
Dari Abu Sa'id al Khudri Rodhiallahu'anhu Rosulullah Sholallohu 'Alaihi Wasallam bersabda :
لا تشدوا الرحال إلا إلى ثلاثة مساجد مسجدي هذا والمسجد الحرام والمسجد الأقصى
Jangan lah kalian bepergian jauh melakukan safar kecuali ketiga masjid, masjidku ini, Masjidil Haram, dan masjidil Aqsha.
(HR:Al bukhori dan Muslim dari hadits Abu Hurairoh Rodhiallohu'anhu).
B.Dalam Riwayat An Nasa'i Rosulullah Bersabda:
نهيتكم عن زيارة القبور فمن أراد أن يزور فاليزر ولا تقولوا هجرا
Aku dulu melarang kalian ziarah kubur,barang siapa yang ingin ziarah kubur silahkan berziarah dan janganlah mengucapkan hujran.(hujran adalah ucapan keji).
lihatlah semoga Allah merahmati anda, Rasulullah melarang kita mengucapkan ucapan keji dan batil ketika ziarah kubur, Ucapan apa yang lebih keji dan lebih batil dari pada meminta /berdoa kepada mayit dan meminta perlindungan kepada mereka❓
C.tidak menghususkan waktu tertentu karena tidak ada dalilnya.
2⃣.Ziarah Bid'ah
ziarah bid'ah adalah ziarah yang tidak memenuhi salah satu syarat di atas atau lebih.
3⃣.Ziarah Syirik.
Pelaku ziarah syirik ini terjatuh kedalam perbuatan kesyirikan kepada Allah seperti berdoa kepada selain Allah, menyembelih dengan nama selain nama Allah atau bernadzar untuk selain Allah dan sebagainya.
🔬Syaikhul islam Ibnu taimiyah Rohimahullah berkata ziarah kubur ada dua macam: syar'i dan bid'ah.
▪️Ziarah syar'i jika dilakukan dengan niat untuk memberi salam kepada si mayit dan mendoakan kebaikan untuknya, sebagaimana yang diniatkan ketika mensholatkan jenazahnya. akan tetapi ziarah ini tidak boleh dilakukan dengan safar jauh.
▪️Ziarah bid'ah adalah jika orang yang melakukannya bertujuan bertujuan meminta kebutuhan kepada si mayit, ini adalah syirik besar, Atau, dia berniat untuk berdoa disisi kuburannya atau bertawasul dengannya.
semua perbuatan ini adalah bid'ah yang mungkar dan sarana yang mengantarkan kepada kesyirikan.
Amalan ini bukanlah sunnah Rasulullah, Di samping itu, tidak pernah dianjurkan oleh seorang pun dari kalangan salaf umat ini atau para imamnya.
(Lihat Tauhidul Ahkam 3/258).
▪️Perbedaan Antara Ziarah Kubur Orang bertauhid dan Orang Musyrik▪️
🔬Ibnul qoyyim Rohimahullah menerangkan ziarah kubur muwahhid(Orang yang bertauhid) dan musyrik.
Seorang muwahid melakukan ziarah kubur untuk tiga hal sebagai berikut:
1.Mengingat Akhirat, mengambil ibrah dan nasihat.
Nabi telah mengisyaratkan hal ini dengan sabda nya: Berziarahlah kalian ke kuburan karena itu akan mengingatkan kalian kepada akhirat.
2.berbuat baik kepada mayit. ini terwujud dengan dia mendokan dan memintakan ampunan serta rahmat bagi penghuni kubur.
3.Berbuat baik kepada diri sendiri dengan melakukan ziarah kubur, dia telah menjalankan dan mengamalkan sunnah Rosullullah Sholallohu 'Alaihi Wasallam.
Adapun ziarah kubur yang dilakukan seorang musyrik, asalnya adalah peribadahan kepada berhala dengan mengharapkan syafaat dari penghuni kubur sebagaimana orang orang musyrik terdahulu mengharapkan syafaat dari sesembahan mereka.
(di sadur dari ighatsatul lahafan hlm.288-290).
🚧 Beberapa Penyimpangan Yang Terjadi Dalam Ziarah Kubur 🚧
▪️Syaikhul islam ibnu Taimiyah Rohimahulloh menjelaskan bahwa pokok kesyirikan bermuara pada dua hal.
Salah satunya adalah pengagung agungkan kuburan orang shaleh. diantara penyimpangan yang terjadi dalam pelaksanaan ziarah kubur sebagai berikut.
1⃣.Meminta kepada penghuni kubur, bertawasul dengan penghuninya.
Rasul bersabda:
فمن أراد أن يزور فليزر ولا تقولوا هجرا
Barang siapa yang ingin ziarah kubur silahkan berziarah namun jangan berkata hujran.
(HR.ABU DAWUD)
▪️Asy syaikh Al Bani Rohimahulloh berkata: Tidak di ragukan lagi bahwasannya berdoa kepada penghuni kubur yang di lakukan orang orang awam dan selain mereka ketika ziarah kubur, meminta tolong kepada mereka, serta meminta kepada Allah dengan hak penghuni kubur(tawasul) adalah ucapan dan perbuatan hujran yang paling besar.
2⃣.Menghususkan waktu tertentu.
Pengkhususan pagi atau malam atau hari adalah perbuatan bid'ah yang tidak ada asalnya dalam syariat.
ini berdasarkan sabda Rosulullah:
من عمل عملا ليس عليه أمرونا فهو رد
Barang siapa yang mengamalkan suatu amalan yang tidak ada padanya ajaran kami maka tertolak.
(HR:MUSLIM dari Aisyah) (Fatawa asy syaikh bin baz 13/336).
3.Membaca Al qur an.
Asy Syaikh Al Albani Rohimahulloh berkata: membaca al qur an ketika ziarah kubur adalah Bid'ah tidak ada dasarnya dalam Sunnah Rosulullah Sholallohu 'Alaihi Wasallam.
4⃣.Menabur bunga Syaikh Al Albani mengatakan tidak di syariatkan meletakkan daun wewangian dan bunga bunga di atas kuburan karena hal itu tidak pernah dilakukan oleh salaf, seandainya itu adalah baik niscaya mereka melakukannya, Ibnu umar berkata semua bid'ah adalah sesat walaupun orang orang menganggapnya baik. (Ahkamul Janaiz 225).
5⃣.Syaddu rihal melakukan safar.
Rosul bersabda tidak boleh melakukan berpergian jauh demi ibadah di tempat tersebut dengan anggapan mulia tempat tersebut kecuali ke tiga masjid masjidil haram, masjid nabawi Rasulullah, masjidil Aqsho.
(HR:BUKHARI).
✔️Asy Syaikh Albani Rohimahulloh menganggap safar untuk berziarah ke kuburan Nabi atau orang saleh sebagai bid'ah.
(Ahkamul Janaiz hlm 229).
6.Membaca surah yasin di kuburan, Asy syaikh Al Albani menyebutkan bahwa membaca surat yasin di kuburan termasuk bid'ah ziarah kubur.
(Ahkamul janaiz hlm 225).
Adapun hadits barang siapa yang masuk kepekuburan dan membaca surat yasin Allah akan meringankan mereka dan mereka mendapatkan kebaikan sebanyak yang terdapat dalam surat tersebut, Asy Syaikh Al Albani memasukkan ke dalam Silsilah Adh dhoifah No 1246.
7⃣.Ikhtilat campur baur lelaki dan wanita yang bukan mahrom.
8⃣:Tabaruj wanita.
9⃣.seringnya wanita berziaroh adapun dalil menunjukkan mereka tidak boleh sering berziarah kubur adalah sabda rasul:
لعن رسول اللّٰه صلى اللّٰه عليه و سلم زوارات القبور
Rosululloh Sholallohu 'Alaihi Wasallam melaknat wanita yang sering ziarah kubur (HR.AHMAD).
🔟.Wanita melakukan safar tanpa mahrom. seorang wanita tidak boleh melakukan safar sendirian walaupun untuk melakukan ibadah.
❎ Mengangungkan Kubur Adalah Muslihat Setan ❎
▪️Ibnul Qoyyim Rohimahulloh berkata:
Diantara tipu daya setan yang paling besar adalah memilihkan kuburan yang di agungkan manusia dan menjadikannya sebagai sesembahan selain Allah ta'ala(ighatsatul lahafan hlm 27.
▪️Kemungkaran di kuburan▪️
Ibnu taimiyah menerangkan bahwa perbuatan bid'ah dikuburan itu bertingkat tingkat.
👉🏿Yang pertama Paling jauh dari syariat adalah meminta kebutuhan dan perlindungan kepada mayit, sebagaimana di lakukan banyak orang.
👉🏿Tingkatan kedua adalah meminta kepada Allah melalui penghuni kubur(tawasul dengan mayit).Ini sering dilakukan oleh orang orang belakangan.
amalan tersebut adalah bid'ah menurut kesepakatan kaum muslimin.
👉🏿Tingkat ketiga adalah sangkaan bahwa berdoa disisi kuburan itu mustajab atau lebih afdhol daripada masjid, ini juga kemungkaran yang bid'ah menurut kesepakatan muslimin(ighatsatul lahafan hlm,287).
🚫 Sebab Terjadi Penyembahan kubur 🚫
🚦jika di tanyakan apa yang menyebabkan para penyembah kubur jatuh dalam perbuatan mereka, padahal mereka tahu bahwa penghuninya adalah orang mati❓
Jawabannya ada beberapa hal.
1⃣.mereka tidak tahu hakikat syariat yang di bawa oleh Nabi Muhammad Sholallohu 'Alaihi Wasallam dan seluruh para Rasul.
2⃣.Hadits hadits palsu yang di atas namakan Rasulullah seperti hadits barang siapa yang tertimpa kesulitan hendaknya dia meminta kepada penghuni kubur.
3⃣.cerita kisah dusta yang di promosikan untuk menarik orang datang ke kuburan tertentu.
misalnya seseorang beristighosah kepada kubur tertentu ketika tertimpa kesusahan, lalu dia pun mendapat jalan keluar, demikian pula cerita cerita dusta lainnya.
Lihat ightsatul lahafan karya ibnul qoyyim Rohimahulloh.
Semoga Allah ta'ala memberikan kekuatan dan hidayah kepada kita Dalam menjauhkan diri dan memerangi berbagai kesyirikan serta kemaksiatan. Aamiin.
Selesai.
📚 Sumber:
Diringkas dari tulisan Al Ustadz Abdurrahman Mubarok Hafizhohulloh Dengan judul Ziarah Kubur Antara Tauhid dan Syirik.
Majalah Asy Syariah Vol.VI/No.62/1431H/2010
🌐https://telegram.me/FadhlulIslam
🌐https://telegram.me/salafymedia
📭 www.salafymedia.com
✔️ Fadhlul Islam Bandung