Asysyariah
Asysyariah

banyak bertakbir dari awal dzulhijjah?

4 tahun yang lalu
baca 12 menit
Banyak Bertakbir dari Awal Dzulhijjah?

Pertanyaan:

Apakah benar disyariatkan untuk banyak bertakbir mulai dari awal bulan Dzulhijjah hingga akhir hari-hari tasyriq? Apa yang dimaksud dengan takbir mutlak dan muqayyad serta pelaksanaannya?

Dijawab oleh Ustadz Abu Abdillah Muhammad as-Sarbini

Takbir mutlak adalah bertakbir kapan saja selain seusai shalat dan di mana saja selain tempat yang terlarang (toilet/WC).

Takbir muqayyad adalah bertakbir setelah shalat lima waktu (termasuk shalat Jumat).

Bertakbir di malam dan hari Idul Adha (10 Dzulhijjah), hal itu adalah ijmak (kesepakatan) ulama.[1]

Takbir Mutlak

Adapun disyariatkan takbir mutlak pada tanggal 1—9 Dzulhijjah adalah menurut mazhab Ahmad. Pendapat ini yang dinilai kuat oleh Ibnu Qudamah, Ibnu Taimiyah, Ibnu Baz, dan Ibnu Utsaimin. Yang masyhur pada mazhab Hanbali, disyariatkan bertakbir meskipun seseorang tidak melihat hewan-hewan kurban yang akan disembelih.

Syariat bertakbir dari malam 1—10 Dzulhijjah, hal itu masuk dalam keumuman makna dua dalil berikut.

  1. Firman Allah ‘azza wa jalla,

لِّيَشۡهَدُواْ مَنَٰفِعَ لَهُمۡ وَيَذۡكُرُواْ ٱسۡمَ ٱللَّهِ فِيٓ أَيَّامٖ مَّعۡلُومَٰتٍ عَلَىٰ مَا رَزَقَهُم مِّنۢ بَهِيمَةِ ٱلۡأَنۡعَٰمِۖ  

“Supaya mereka (jamaah haji) menyaksikan berbagai manfaat bagi mereka dan berzikir membesarkan nama Allah pada hari-hari yang telah diketahui (ditentukan) atas rezeki yang Allah telah berikan kepada mereka berupa hewan-hewan ternak (penyembelihan hewan kurban).” (al-Hajj: 28)

Menurut salah satu tafsiran ayat ini, hari-hari yang telah diketahui (ditentukan) tersebut adalah sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah. Ini adalah tafsiran Ibnu Abbas radhiallahu anhuma.

Baca juga:

Tata Cara Menyembelih Hewan Kurban

  1. Hadits Ibnu Abbas radhiallahu anhuma,

مَا مِنْ أَيَّامٍ الْعَمَلُ الصَّالِحُ فِيهَا أَحَبُّ إِلَى اللهِ مِنْ هِذِهِ اْلأَيَّامِ -يَعْنِي أَيَّامَ اْلعَشْرِ-. قَالُوا: يَا رَسُولَ اللهِ، وَلاَ الْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللهِ؟ قَالَ: وَلاَ الْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللهِ، إِلاَّ رَجُلٌ خَرَجَ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ فَلَمْ يَرْجِعْ مِنْ ذَلِكَ بِشَيءٍ.

“Tidak ada hari-hari yang amal saleh di dalamnya lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari ini—yaitu sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah.”

Mereka bertanya, “Wahai Rasulullah, begitu pula halnya dibandingkan dengan jihad di jalan Allah?”

Beliau menjawab, “Begitu pula halnya dibandingkan dengan jihad di jalan Allah, selain seorang mujahid yang keluar berjihad di jalan Allah dengan jiwa raga dan hartanya, lalu dia tidak kembali dengan sesuatu pun darinya (gugur sebagai syahid).” (HR. al-Bukhari, Ahmad, at-Tirmidzi, Abu Dawud, Ibnu Majah, dan lainnya)[2]

Baca juga:

Meluruskan Cara Pandang Terhadap Jihad

Bertakbir termasuk amalan saleh yang dicintai oleh Allah ‘azza wa jalla yang masuk dalam keumuman makna hadits ini.[3]

Keumuman makna dua dalil ini dikuatkan dengan dua dalil khusus berikut.

  1. Hadits Muhammad bin Abi Bakr ats-Tsaqafi

Ia bertanya kepada Anas radhiallahu anhu ketika bersama dengannya dari Mina ke Arafah, “Apa amalan kalian pada hari ini bersama Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam?” Anas radhiallahu anhu menjawab,

كَانَ يُلَبِّي الْمُلَبِّي فَلاَ يُنْكَرُ عَلَيْهِ، وَيُكَبِّرُ الْمُكَبِّرُ فَلاَ يُنْكَرُ عَلَيْهِ.

“Ada yang membaca talbiyah dan tidak diingkari. Ada pula yang bertakbir dan tidak diingkari.” (Muttafaqun alaih)

Hadits ini menunjukkan disyariatkannya bertakbir pada hari-hari itu.

  1. Atsar Ibnu Umar dan Abu Hurairah radhiallahu anhum

كَانَ ابْنُ عُمَرَ وَأَبُو هُرَيْرَةَ يَخْرُجَانِ إِلَى السُّوقِ فِيْ أَيَّامِ الْعَشْرِ يُكَبِّرَانِ، وَيُكَبِّرُ النَّاسُ بِتَكْبِيرِهِمَا.

“Adalah Ibnu Umar dan Abu Hurairah radhiallahu anhum keluar ke pasar pada sepuluh hari awal Dzulhijjah dengan bertakbir, dan kaum muslimin ikut bertakbir bersama keduanya.” (Dikeluarkan oleh al-Bukhari dalam Shahih-nya, “Kitab al-’Idain”, “Bab Fadhlu al-‘Amal fi Ayyam at-Tasyriq” secara ta’liq/tanpa penyebutan sanad dengan shigat periwayatan yang tegas)[4]

Takbir mutlak ini terus berlanjut hingga hari-hari tasyriq (11, 12, dan 13 Dzulhijjah) dan berakhir dengan tenggelamnya matahari pada akhir hari tasyriq. Ini menurut pendapat yang rajih yang dipilih Ibnu Qudamah, Ibnu Baz, dan Ibnu Utsaimin. Dalilnya adalah:

  1. Firman Allah ‘azza wa jalla,

وَٱذۡكُرُواْ ٱللَّهَ فِيٓ أَيَّامٍ مَّعۡدُودَٰتٍۚ

“Dan hendaklah kalian berzikir (menyebut Allah) pada hari-hari berbilang.” (al-Baqarah: 203)

Hari-hari berbilang adalah hari-hari tasyriq.

  1. Sabda Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam,

أَيَّامُ التَّشْرِيقِ أَيَّامُ أَكْلٍ وَشُرْبٍ وَذِكْرٍ لِلهِ.

“Hari-hari tasyriq adalah hari-hari untuk makan, minum, dan berzikir kepada Allah.” (HR. Muslim no. 1141 dari Nubaisyah al-Hudzali radhiallahu anha)

Terdapat beberapa atsar yang mendukung pendapat ini.

Atsar-atsar itu disebutkan oleh al-Bukhari secara mu’allaq (tanpa penyebutan sanad) dengan shigat periwayatan yang tegas, yaitu:

  1. Atsar Umar bin al-Khaththab radhiallahu anhu,

كَانَ عُمَرُ رَضَيَ اللهُ عَنْهُ يُكَبِّرُ فِي قُبَّتِهِ بِمِنًى فَيَسْمَعُهُ أَهْلُ الْمَسْجِدِ، فَيُكَبِّرُونَ وَيُكَبِّرُ أَهْلُ اْلأَسْوَاقِ، حَتَّى تَرْتَجَّ مِنًى تَكْبِيرًا.

“Umar bin al-Khaththab radhiallahu anhu bertakbir di kubahnya di Mina[5] hingga didengar oleh penghuni masjid, sehingga mereka dan kaum muslimin yang ada di pasar-pasar pun ikut bertakbir hingga Mina bergelora dengan takbiran.”

Ibnu Hajar rahimahullah menyatakan, “Atsar ini dikeluarkan oleh Said bin Manshur dengan sanad yang bersambung.”

  1. Atsar Ibnu Umar radhiallahu anhuma,

كَانَ عُمَرُ رَضَيَ اللهُ عَنْهُ يُكَبِّرُ فِي قُبَّتِهِ بِمِنًى فَيَسْمَعُهُ أَهْلُ الْمَسْجِدِ، فَيُكَبِّرُونَ وَيُكَبِّرُ أَهْلُ اْلأَسْوَاقِ، حَتَّى تَرْتَجَّ مِنًىكَانَ ابْنُ عُمَرَ يُكَبِّرُ بِمِنًى تِلْكَ الْأَيَّامَ وَخَلْفَ الصَّلَوَاتِ، وَعَلَى فِرَاشِهِ، وَفِي فُسْطَاطِهِ، وَمَجْلِسِهِ وَمَمْشَاهُ تِلْكَ الْأَيَّامَ جَمِيعًا.

“Adalah Ibnu Umar bertakbir di Mina pada hari-hari itu[6]; bertakbir di belakang shalat-shalatnya, di atas kasurnya, di dalam kemahnya, di majelisnya (tempat duduknya), dan di jalan yang dilaluinya, pada hari-hari itu seluruhnya.”

Ibnu Hajar rahimahullah mengatakan, “Atsar ini dikeluarkan dengan sanad yang bersambung oleh Ibnul Mundzir dan al-Faqihi dalam kitab Akhbar Makkah.”

Takbir Muqayyad

Adapun takbir muqayyad (takbir terikat), terjadi silang pendapat di antara para ulama mengenai waktu pelaksanaannya. Yang terkuat adalah pendapat yang mengatakan bahwa takbir muqayyad dimulai dari usai shalat Subuh tanggal 9 Dzulhijjah (hari Arafah) hingga diakhiri dengan takbir muqayyad seusai shalat Asar tanggal 13 Dzulhijjah.

Ini adalah mazhab Imam Ahmad, sebagaimana disebutkan dalam al-Mughni dan al-Inshaf, yang dipilih oleh Syaikhul Islam, Syaikh Ibnu Baz, dan Ibnu Utsaimin rahimahumullah.

Ini pula salah satu pendapat asy-Syafi’i, yang dipilih oleh Ibnul Mundzir, al-Baihaqi, dan an-Nawawi rahimahumullah, sebagaimana dalam al-Majmu’.

Terdapat beberapa atsar dari sahabat yang mendukung pendapat ini. Adapun hadits dari Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dalam masalah ini, tidak ada yang sahih.[7]

Baca juga:

Perselisihan dan Adabnya

Dalam Fathul Bari (“Kitab al-’Idain”, “Bab at-Takbir Ayyama Mina”), Ibnu Hajar rahimahullah berkata,

“Tidak ada hadits yang tsabit (tetap) dari Nabi shallallahu alaihi wa sallam. Adapun atsar dari sahabat yang paling sahih dalam masalah ini adalah atsar Ali dan atsar Ibnu Mas’ud bahwa (takbir muqayyad) dimulai dari subuh hari Arafah hingga akhir hari tasyriq.”

Lafaz Atsar Ali bin Abi Thalib radhiallahu anhu adalah sebagai berikut.

أَنَّهُ كَانَ يُكَبِّرُ بَعْدَ صَلاَةِ الْفَجْرِ يَومَ عَرَفَةَ إِلَى صَلاَةِ الْعَصْرِ مِنْ آخِرِ أَيَّامَ التَّشْرِيقِ وَيُكَبِّرُ بَعْدَ الْعَصْرِ.

“Sesungguhnya Ali pernah bertakbir seusai shalat Subuh pada hari Arafah hingga shalat Asar pada akhir hari-hari tasyriq dan bertakbir seusai shalat Ashar.” (Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah, al-Hakim, dan al-Baihaqi)

Atsar Ibnu Mas’ud radhiallahu anhu serupa dengan atsar Ali, dikeluarkan oleh al-Hakim. Atsar yang serupa dari Ibnu Abbas juga dikeluarkan oleh al-Baihaqi. Ketiga atsar ini dinyatakan sahih oleh al-Albani dalam al-Irwa’ (3/125).

Ibnu Umar radhiallahu anhuma juga melakukan takbir muqayyad di hari-hari tasyriq, sebagaimana pada atsar Ibnu Umar yang telah kami sebutkan sebelumnya.

Baca juga:

Waktu Penyembelihan Hewan Kurban

Al-Hafizh Ibnu Hajar rahimahullah dalam Fathul Bari (“Kitab al-‘Idain”, pada “Bab at-Takbir Ayyama Mina”) mengatakan,

“Atsar-atsar yang disebutkan oleh al-Bukhari rahimahullah tersebut menunjukkan adanya takbir pada hari-hari tersebut (Idul Adha dan hari-hari tasyriq) seusai shalat dan selainnya.

Dalam masalah ini terdapat perbedaan pendapat di antara ulama pada beberapa hal. Di antara mereka ada yang mengkhususkan takbir hanya di belakang shalat saja (tidak ada takbir mutlak). Ada juga yang mengkhususkan takbir muqayyad hanya di belakang shalat lima waktu, tidak di belakang shalat sunnah. Ada yang mengkhususkannya untuk kaum lelaki saja dan tidak bagi kaum wanita, di belakang shalat lima waktu secara berjamaah dan tidak bagi yang shalat sendiri, yang dilaksanakan pada waktunya dan tidak untuk yang diqadha (di luar waktu), yang bermukim dan tidak bagi musafir, penduduk perkotaan dan tidak bagi penduduk perdesaan.

Tampaknya, yang dipilih oleh Imam al-Bukhari rahimahullah adalah bahwa syariat bertakbir mencakup semuanya, dan atsar-atsar yang disebutkannya mendukungnya.”[8]

Atsar-atsar tersebut adalah:

  1. Atsar Umar radhiallahu anhu yang telah kami sebutkan sebelumnya.
  2. Atsar Ibnu Umar radhiallahu anhuma yang juga telah kami sebutkan sebelumnya.
  3. Atsar Maimunah radhiallahu anha,

كَانَتْ مَيْمُونَةُ تُكَبِّرُ يَوْمَ النَّحْرِ

Adalah Maimunah bertakbir pada Hari Raya Idul Kurban.” (Ibnu Hajar rahimahullah tidak menemukan siapa yang mengeluarkannya dengan sanad yang bersambung)

  1. Atsar:

كُنَّ النِّسَاءُ يُكَبِّرْنَ خَلْفَ أَبَانَ بْنِ عُثْمَانَ وَعُمَرَ بْنِ عَبْدِ الْعَزِيزَ لَيَالِيَ التَّشْرِيقِ مَعَ الرِّجَالِ فِيْ الْمَسْجِدِ

“Adalah kaum muslimat bertakbir di belakang Aban bin Utsman[9] dan di belakang Umar bin Abdil Aziz pada malam-malam tasyriq bersama kaum muslimin di masjid.”

Ibnu Hajar rahimahullah berkata, “Dikeluarkan dengan sanad yang bersambung oleh Ibnu Abi ad-Dunya dalam Kitab al-‘Idain.”

Baca juga:

Meneladani Nabi dalam Beridul Fitri

Masalah ini seperti kata Imam Ibnu Utsaimin rahimahullah dalam Majmu’ ar-Rasail (16/263),

“Semestinya diketahui bahwa tidak ada nas yang sahih dan gamblang dari Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam yang menetapkan adanya takbir muqayyad. Yang ada adalah beberapa atsar dari sahabat dan ijtihad sebagian ulama.

Maka dari itu, terdapat kelonggaran dalam masalah ini. Meskipun seseorang meninggalkannya sama sekali dan mencukupkan diri dengan zikir setelah shalat, hal itu tidak mengapa. Semuanya merupakan zikir kepada Allah ‘azza wa jalla.”

Kesimpulan

Tersimpulkan dari pembahasan di atas hal-hal berikut ini.

  1. Takbir mutlak berlangsung sejak malam hari tanggal 1 Dzulhijjah dan berakhir dengan terbenamnya matahari 13 Dzulhijjah yang mengakhiri hari-hari tasyriq.

  2. Takbir muqayyad berlangsung sejak usai shalat Subuh hari Arafah 9 Dzulhijjah dan berakhir dengan takbir muqayyad seusai shalat Asar pada 13 Dzulhijjah.

Alhasil, sejak 1 Dzulhijjah hingga subuh 9 Dzulhijjah hanya terdapat takbir mutlak tanpa takbir muqayyad. Sejak usai shalat Subuh 9 Dzulhijjah hingga 13 Dzulhijjah terdapat takbir mutlak dan takbir muqayyad.[10]

Tata Cara Takbir Muqayyad

Adapun tata cara pelaksanaan takbir muqayyad di belakang shalat lima waktu (termasuk shalat Jumat), terdapat beberapa pendapat. Di antaranya:

  1. Setelah imam salam, terlebih dahulu ia beristigfar dan membaca,

اللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ …. الخِ

Allahumma antas salam …. dst.

Setelah itu, ia bergeser dari arah kiblat kemudian bertakbir. Hal ini karena kedua zikir tersebut lebih melekat dengan shalat daripada takbir.

Pendapat ini yang dipilih oleh Ibnu Utsaimin. Inilah pendapat terkuat, insya Allah.

  1. Setelah imam salam, ia langsung bertakbir dengan tetap menghadap ke kiblat. Setelah itu baru ia membaca zikir shalat tersebut.

  2. Jika imam telah salam, ia langsung bergeser dari arah kiblat kemudian bertakbir. Setelah itu, ia baru membaca zikir shalat tersebut.[11]

Inilah yang dapat kami terangkan dalam masalah ini. Wallahu alam.

Semoga Allah ‘azza wa jalla memberi kita hidayah dan taufik untuk mengetahui al-haq serta mengamalkannya.


Catatan Kaki

[1] Lihat kitab al-Mughni (3/287), Syarhu Muslim lin Nawawi (6/Kitab Shalatul ‘Idain pada Bab “Dzikri Ibahati Khuruji an-Nisa’ fil ‘Idain”), Majmu’ al-Fatawa (24/221), dan Tafsir Ibni Katsir (pada tafsir al-Baqarah: 185)

[2] Lihat kitab Irwa’ al-Ghalil no. 953.

[3] Pada sebagian jalan riwayat hadits ini ada tambahan lafaz,

فَأَكْثِرُوا فِيهِنَّ التَّهْلِيلَ وَالتَّحْمِيدَ وَالتَّكْبِيرَ.

“Maka dari itu, perbanyaklah membaca tahlil, tahmid, dan takbir di hari-hari itu!”

Namun, tambahan riwayat ini dhaif (lemah), dinyatakan lemah oleh al-Hafizh Ibnu Hajar rahimahullah dalam Fathul Bari (2/Kitab al-‘Idain pada “Bab Fadhli al-‘Amal fi Ayyam at-Tasyriq”) dan al-Muhaddits al-Albani rahimahullah dalam Dha’if at-Targhib wat Tarhib no. 735.

[4] Ibnu Hajar tidak menemukan riwayat maushul (sanad yang bersambung) dalam periwayatan atsar ini. Al-Albani menyatakannya sahih dalam al-Irwa’ no. 651. Wallahu alam.

[5] Yaitu hari Idul Adha dan hari-hari tasyriq.

[6] Yaitu hari Idul Adha dan hari-hari tasyriq.

[7] Adapun hadits Jabir bin Abdillah radhiallahu anhuma yang menyebutkan bahwa seusai Nabi shallallahu alaihi wa sallam melaksanakan shalat Subuh pada hari Arafah, beliau menghadap kepada para sahabat dan bertakbir hingga akhir hari tasyriq, tidak bisa dijadikan hujah sama sekali.

Hadits tersebut diriwayatkan oleh ad-Daraquthni dan lainnya, dihukumi dha’if jiddan (sangat lemah) oleh al-Albani.

Pada sanadnya terdapat rawi bernama Amr bin Syamr dari kalangan orang-orang yang rusak (binasa). Haditsnya sangat lemah dan mungkar (keliru/ganjil). Bahkan, ada yang menjarahnya sebagai penyeleweng dan pendusta. Selain itu, pada sanadnya ada Jabir al-Ju’fi yang juga lemah. Lihat al-Irwa’ no. 653.

[8] Lihat kitab Fathul Bari (2/Kitab al-‘Idain pada “Bab at-Takbir Ayyama Mina”).

[9] Amir (Gubernur) Madinah pada masa pemerintahan Abdul Malik bin Marwan, sebagaimana dalam Fathul Bari.

[10] Adapun pendapat yang mengatakan bahwa takbir mutlak hanya sampai imam selesai dari khotbah Idul Adha dan setelahnya yang ada hanyalah takbir muqayyad, ini adalah pendapat yang marjuh (lemah).

Lihat kitab al-Mughni (3/291—292, 294) terbitan Dar ‘Alam al-Kutub, al-Majmu’ (5/39—45, 46—47), Majmu’ al-Fatawa (24/220, 225—228), Fathul Bari (2/Kitab al-‘Idain pada “Bab Fadhli al-‘Amal fi Ayyam at-Tasyriq” dan “Bab at-Takbir Ayyama Mina”), al-Inshaf (2/435—437), Majmu’ Fatawa Ibni Baz (13/18—19), asy-Syarh al-Mumti’ (5/215—216, 222) terbitan Muassasah Asam.

[11] Lihat kitab al-Inshaf (2/437) dan asy-Syarh al-Mumti’ (5/216).